Perangkat Pembelajaran

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah
:
SMK Muhammadiyah 5 Babat
Mata Pelajaran
:
Simulasi Digital
Kelas / Semester
:
X/1
Alokasi Waktu
:
9 JP (9 x 45 menit)

A.    Kompetensi Inti
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.      Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.      Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
4.      Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

B.     Kompetensi Dasar
1.         Kompetensi Dasar pada KI 1
a. Memahami nilai-nilai keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
b.      Mendeskripsikan kebesaran Tuhan yang menciptakan berbagai sumber energi di alam
c.       Mengamalkan nilai-nilai keimanan sesuai dengan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari
2.         Kompetensi Dasar pada KI 2
a.      Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
b.   Peduli terhadap keselamatan diri dan lingkungan dengan menerapkan prinsip dan keselamatan kerja saat melakukan kegiatan pengamatan dan percobaan di laboratorium lingkungan
3.         Kompetensi Dasar pada KI 3
       Menerapkan komunikasi daring (online)
4.         Kompetensi Dasar pada KI 4
        Menyajikan hasil penerapan komunikasi daring (online)

C.  Indikator Pencapaian Kompetensi
1.      Meningkatkan keimanan dan ketakwaan peserta didik kepada ALLAH SWT melalui pemahaman materi pelajaran tentang penerapan komunikasi dalam jaringan (daring-online) serta manfaatnya bagi kehidupan manusia.
2.      Meningkatkan sifat solidaritas dan persaudaraan peserta didik dalam kehidupan sehari-hari melalui aplikasi materi pelajaran persiapan penerapan komunikasi dalam jaringan (daring-online).
3.      Meningkatkan pengetahuan dan pemahaman peserta didik tentang persiapan penerapan komunikasi dalam jaringan (daring-online) serta aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari.
4.      Menigkatkan keterampilan peserta didik dalam menggunakan alat komunikasi dalam jaringan (daring-online) di kehidupan sehari-hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar